MATA KULIAH |
KODE MK |
RUMPUN MK |
BOBOT (sks) |
SEMESTER |
Direvisi |
|||||||
Manajemen Konflik |
|
Ilmu Politik |
T= 3 SKS |
P= 1 |
IV |
Maret 2020 |
||||||
Pengembang : Reinhard Hutapea |
Koordinator MK : Reinhard Hutapea
|
Kepala Program Studi : Dr M Silalahi MIP |
||||||||||
Tanda Tangan |
Tanda Tangan |
Tanda Tangan
|
||||||||||
Capaian Pembelajaran (CP) :
Sikap
Keterampilan Umum
Keterampilan Khusus
Pengetahuan
|
Program Studi : Ilmu Pemerintahan
|
|||||||||||
1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius. 2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika. 3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila. 4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa. 5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain. 6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan. 7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. 8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik. 9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri. 10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
1. Pembelajaran manajemen konflik secara komprehensif dan konseptual;. 2. Pembelajaran latar belakang perlunya manajemen konflik 3. Mengulas dinamika yang terjadi dalam setiap konflik
1. Pembelajaran terhadap arti, latar belakang dan sejarah tampilnya konflik. 2. Pembelajaran system dan proses manajemen konflik 3. Pembelajaran model-model resolusi dan konflik. 4. Pembelajaran konflik yang sering terjadi di masyarakat
Mahasiswa memahami: 1. Ruang lingkup manajemen konflik 2. Teori-teori konflik 3. Metode pendekatan 4. Bentuk-bentk konflik 5. Sumber konflik 6. Pengelolaan konflik 7. Consensus dan resolusi konflik
|
||||||||||||
Diskripsi Singkat MK |
Mata kuliah Manajemen Konflik adalah mata kuliah yang penekanannya kepada teori-teori konflik, metode pendekatan, bentuk-bentuk konflik, sumber konflik, pengelolaan konflik, consensus dan resolusi konflik yang terjadi di masyarakat, baik secara social, kultural, politik, dan ekonomi. |
|||||||||||
Referensi |
|
|||||||||||
Maurice Duverger, 1984, Sosiologi Politik, Rajawali Press, Jakarta Edi Santosa dan Lilin Budiati 2005, Manajemen konflik, , UT, Jakarta HM Fraser, Conflict Analysis, Penguin, New York
|
||||||||||||
Utama,
|
||||||||||||
Utama, |
||||||||||||
Media Pembelajaran |
Software |
Hardware |
||||||||||
|
Blog, PPT, Word, video, pdf, email |
Laptop, infokus, Koran, majalah, web/daring, whiteboard dan spidol |
||||||||||
Team Teaching |
- |
|||||||||||
|
|
|||||||||||
Mg Ke- |
CP Mata Kuliah (sesuai tahapan belajar) |
Materi Pembelajaran (Pustaka) |
Metode/Strategi Pembelajaran (estimasi waktu) |
Penilaian/evaluasi |
Bobot |
|||||||
|
|
|
|
Indikator |
Bentuk |
% |
||||||
1
|
Mahasiswa memahami metode perkuliahan dan ruang lingkup hubungan pusat dan daerah |
Pengantar materi dan kontrak belajar: · Metode perkuliahan · Scope bahasan Manajemen konflik
|
1. Ceramah/Kuliah Pakar 2. Tanya jawab 3. Diskusi
|
Tampilnya rasa ingin tahu, minat dan pemahaman
|
Pertanyaan lisan dan Diskusi
|
5-10% |
||||||
2 |
Mahasiswa memahami bentuk-bentuk konflik.
|
Bentuk-bentuk konflik : · Konflik dalam inividu · Konflik antar individu · Konflik antar anggota dalam suatu kelompok · Konflik antar kelompok · Konflik antar bagian dalam organisasi · Konflik antar organisasi · . |
1. Ceramah 2. Tanya jawab 3. Diskusi |
I d e m |
Tayangan Presentasi, |
|
||||||
3 |
Mahasiswa memahami kaitan consensus dan konflik |
Kaitan consensus dengan konflik: Kesadaran kolektif sebagai konsensus: 1. Consensus dalam system social 2. Consensus dan symbol 3. Peranan consensus 4. Membangun konsensus |
1. Ceramah 2. Tanya jawab 3. Diskusi |
I d e m |
Tayangan Presentasi,
|
|
||||||
4 |
Mahasiswa memahami konflik dalam negara/separatisme |
Konflik dalam negara/separatisme: 1. Tokoh-tokoh separatis 2. Konflik agama
|
1. Ceramah 2. Tanya jawab 3. Diskusi
|
I d e m |
Tayangan Presentasi,
|
|
||||||
5 |
Mahasiswa memahami identifikasi konflik lokal |
Identifikasi konflik lokal: 1. Konflikmlokal 2. Konflik agama 3. Mahasiswa melakukan identifikasi konflik sekitar
|
1. Ceramah 2. Tanya jawab 3. Diskusi |
I d e m
|
Tayangan Presentasi,
|
|
||||||
UJIAN TENGAH SEMESTER |
||||||||||||
6 |
Mahasiswa memahami sejarah, argumentasi, dan perkembangan konflik Ambon |
Memahami konflik Ambon · Latar belakang konflik · Perkembangan konflik · Penyelesaian kasus
|
1. Ceramah, 2. Tanya jawab 3. Diskusi
|
I d e m |
Tayangan Presentasi,
|
|
||||||
7 |
1. Mahasiswa memahami konflik Poso. |
Memahami kasus/konflik Poso: · Asal-usul konflik · Perkembangan konflik · Jalan penyelesaian · |
1. Ceramah 2. Tanya jawab 3. Diskusi
|
I d e m
|
Tayangan Presentasi, |
|
||||||
8 |
Mahasiswa memahami latar belakang dan perkembangan konflik cebong versus kadrun. |
Konflik Cebong versus Kadrun : · Persaingan Jokowi kontra Prabowo · Persaingan Anis Baswedan kontra Ahok |
1. Ceramah 2. Tanya jawab 3. Diskusi
|
I d e m |
Tayangan Presentasi, |
|
||||||
9 |
Mahasiswa memahami konflik-konflik global |
Konflik-konflik globalterorisme · Latar belakang ideologi · Al Qaeda · Jamaah Islamiah · Kasus-kasus di Indonesia ·
|
1. Ceramah, 2. Tanya jawab 3. Diskusi
|
I d e m
|
Tayangan Presentasi, |
|
||||||
10 |
Mahasiswa memahami sejarah dan perkembangan perang dagang antara China kontra AS |
Perang dagang China kontra AS : · Sejarah dan latar belakang perang dagang · perkembanganya
|
1. Ceramah 2. Tanya jawab 3. Diskusi
|
I d e m |
Tayangan Presentasi, |
|
||||||
11 dan 12 |
Mahasiswa memahami makna negosiasi dan konflik. |
Negosiasi dan konflik · Peran dan fungsi pihak ketiga · Tahap-tahap dalam negosiasi |
1. Ceramah, 2. Tanya jawab, 3. Diskusi
|
I d e m
|
Tayangan Presentasi, |
|
||||||
UJIAN AKHIR SEMESTER |
||||||||||||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar