Kamis, 12 Maret 2020

RPS MK KOMUNIKASI INTERNASIONAL




MATA KULIAH
KODE MK
RUMPUN MK
BOBOT (sks)
SEMESTER
Direvisi
Komunikasi Internasional


Ilmu Sosial
T= 3 SKS
P= 1
V
Maret 2020
Pengembang :
Reinhard Hutapea
Koordinator MK :
Reinhard Hutapea

Kepala Program Studi :
Elok Perwirawati,S.Sos, M. I.Kom
Tanda Tangan
Tanda Tangan
                               Tanda Tangan

Capaian Pembelajaran (CP) :


Sikap











Keterampilan Umum


















Keterampilan Khusus





Pengetahuan




Program Studi : Ilmu Komunikasi

1.       Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
2.       Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
3.       Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
4.       Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air,  memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa.
5.       Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
6.       Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
7.       Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
8.       Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
9.       Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
10.   Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

1.       Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
2.       Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
3.       Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.
4.       Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
5.       Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
6.       Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
7.       Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya.
8.       Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
9.       Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

1.       Mahasiswa memahami fenomena-fenomena Internasional.
2.       Mahasiswa memahami konflik dan consensus dalam hubungan/politik internasional.
3.       Mahasiswa memahami globalisasi-ekonomi
4.       Mahasiswa mampu berkomunikasi antar negara-bangsa secara logis, etis, dan estetis.


Mahasiswa memahami dan mampu menjelaskan tentang :
1.      Pengertian dan Ruang Lingkup Komunikasi Internasional.
2.      Sistem dan konsep Komunikasi Internasional.
3.      Konsep Informasi dan Berita dalam Komunikasi Internasional.
4.      Kesenjangan Informasi Internasional.
5.      Dominasi Barat atas konten media
6.      Diplomasi Internasional
7.      Propaganda Internasional.
8.       Politik luar negeri
9.       Multy National Company.
10.   Media Massa dan Globalisasi.
11.   .
12.    
Diskripsi Singkat MK
Mata kuliah Komunikasi Internasional adalah mata kuliah yang mempelajari fenomena, interaksi dan komunikasi antar-lintas batas negara, bangsa, dan budaya secara umum, dan secara khusus mengkaji hubungan politik, ekonomi antar negara dengan tekanan pada persfektif diplomasi, jurnalistik dan propaganda..
Referensi
Utama :
Ingrid Valkmer, 2005, International Communication; Theory in Transition, Penguin, NewYork
Utama,
 Deddy Djamaluddin Malik, 2010,  Komunikasi International, Remaja Rosda Karya, Bandung,
Utama,
M. Shoelhi, 2016, Komunikasi Internasional, Erlangga, Jakarta,
Utama,
 J. Stiglitz, 2008, Making Globalization Work, Mizan, Jakarta
Media Pembelajaran
Software
Hardware

PPT, Word, video, pdf, email, blog
Laptop, infokus, Koran, majalah, web/daring, whiteboard dan spidol
Team Teaching
-


Mg Ke-
CP Mata Kuliah
(sesuai tahapan belajar)
Materi Pembelajaran
(Pustaka)
Metode/Strategi Pembelajaran
(estimasi waktu)
Assesmen
Bobot




Indikator
Bentuk
%
1

Mahasiswa  memahami makna dan ruang lingkup komunikasi internasional  
Pengertian dan ruang lingkup Komunikasi Internasional:
·         Perbedaan dan persamaan Ilmu Hubungan Internasional dan Komunikasi Internasional
·         Makna Komunikasi Internasional
·         Ruang lingkup Komunikasi Internasional
·         Sapta Pesona Pariwisata
1.       Ceramah
2.       Tanya jawab
3.       Diskusi

Partisipasi Mahasiswa: memahami dengan terlibat bertanya dan menjawab

Pertanyaan lisan dan Diskusi

5-10%
2
Mahasiswa  memahami sistem dan konsep Komunikasi Internasional

Sistem dan konsep Komunikasi Internasional
·         Pendekatan, Persfektif, dan Paradigma dalam Komunikasi Internasonal.
·         Sistem Hubungan/komunikasi Internasional.
·         Konsep/teori Komunikasi Internasional

1.       Ceramah
2.       Tanya jawab
3.       Diskusi



1.Mahasiswa dapat mengetahui ruang lingkup sektor pariwisata,
2.Mengetahui ketentuan serta dasar hukum pelaksanaan pariwisata, serta
3.Mampu menggali potensi-potensi yang dimiliki pada konteks pariwisata.aspek teoritis

Tayangan Presentasi,

3
Mahasiswa  memahami konsep Informasi dan Berita dalam Komunikasi Internasional
Konsep Informasi dan berita dalam KomunikasiInternasional.
1.       Informasi Internasional
2.       Berita Internasional

1.       Ceramah
2.       Tanya jawab
3.       Diskusi


I d e m
Tayangan Presentasi,


4
Mahasiswa memahami kesenjangan Informasi Internasional
Kesenjangan Informasi Internasional;
1.       Tata Informasi Internasional.
2.       Kesenjangan Informasi Internasional.
3.        
1.       Ceramah
2.       Tanya jawab
3.       Diskusi

I d e m
Tayangan Presentasi,


5
Mahasiswa memahami dominasi Negara-negara Barat terhadap konten Media
Dominasi Barat atas isi Media:
1.       Relasi Barat dan Timur
2.       Relasi Utara dan Selatan
3.       Dominasi Barat.


1.       Ceramah
2.       Tanya jawab
3.       Diskusi
I d e m
Tayangan Presentasi,


UJIAN TENGAH SEMESTER
6.
Mahasiswa  memahami DiplomasiInternasional.

Diplomasi Internasional
·         Arti, sejarah, dan perkembangan diplomasi Internasional
·         Prasyarat/kekuatan Diplomasi
·         Model-rancang bangun diplomasi Internasional
1.       Ceramah,
2.       Tanya jawab
3.       Diskusi


I d e m


Tayangan Presentasi,


7
Mahasiswa memahami propaganda internasional
Propaganda Internasional:
·         Makna Propaganda
·         Sejarah da perkembangan Propaganda.
·         Propaganda saat ini.
1.          Ceramah,
2.        Tanya jawab
3.       Diskusi  
,

I d e m
Tayangan Presentasi,

10,11
Mahasiswa memahami MNCs/TNCs.
Multi National Company/Trans National Company :
·         Sejarah perdagangan dunia.
·         Keunggulan Liberalisme
·          Tampilnya perusahaan lintas negara
·         Ideologi pasar bebas.
·         Neoliberalisme media.
1.       Ceramah
2.       Tanya jawab
3.       Diskusi
4.        

I d e m

Tayangan Presentasi,

12,13
Mahasiswa memahami posisi media massa dalam Globalisasi
Media massa dan Globalisasi
·         Arti, sejarah dan latar belakang tampilnya globalisasi
·         Karakteristik Globalisasi
·         Posisi Media Massa dalam Globalisasi
1.       Ceramah,
2.       Tanya jawab
3.       Diskusi


I d e m
Tayangan Presentasi,

14
Mahasiswa mampu berdialektika
Study kasus:
·         Disesuaikan dengan issu issu terakhir.
·          
·          
Diskusi-panel
,

1.  Mahasiswa mampu berdebat secara rasional m
Tayangan Presentasi,

15
Mahasiswa memahamai intisari/abstrak kulaih selama 1 semester.
Rangkuman
·         Tantangan Pariwisata di Indonesia
·         Masukan Bagi Pariwisata di Indonesia
·         Komparasi Pariwisata di Indonesia dan Pariwisata di Asia Tenggara

1.       Ceramah, Tanya jawab, Tugas
2.       Problem Based Learning/FBD
3.       Diskusi kelompok, simulasi, studi kasus, kolaboratif, kooperatif,

1.  Mahasiswa mengetahui tantangan dan kendala pariwisata di Indonesia.
2. Mampu menganlisis keberhasilan strategi pariwisata di Indonesia
Tayangan Presentasi,

UJIAN AKHIR SEMESTER
















Tidak ada komentar:

Posting Komentar