MATA KULIAH
|
KODE MK
|
RUMPUN MK
|
BOBOT (sks)
|
SEMESTER
|
Direvisi
|
|||||||
Komunikasi Internasional
|
|
Ilmu Sosial
|
T= 3
SKS
|
P=
1
|
V
|
Maret 2020
|
||||||
Pengembang
:
Reinhard Hutapea
|
Koordinator MK :
Reinhard Hutapea
|
Kepala Program
Studi :
Elok Perwirawati,S.Sos, M. I.Kom
|
||||||||||
Tanda
Tangan
|
Tanda
Tangan
|
Tanda Tangan
|
||||||||||
Capaian
Pembelajaran (CP) :
Sikap
Keterampilan Umum
Keterampilan Khusus
Pengetahuan
|
Program
Studi : Ilmu Komunikasi
|
|||||||||||
1.
Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan
sikap religius.
2.
Menjunjung
tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral,
dan etika.
3.
Berkontribusi
dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan
kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
4.
Berperan
sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung
jawab pada negara dan bangsa.
5.
Menghargai
keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau
temuan orisinal orang lain.
6.
Bekerja
sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan
lingkungan.
7.
Taat
hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
8.
Menginternalisasi
nilai, norma, dan etika akademik.
9.
Menunjukkan
sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
10.
Menginternalisasi
semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
1.
Mampu
menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks
pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang
memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang
keahliannya.
2.
Mampu
menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
3.
Mampu
mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan
teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan
keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka
menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.
4.
Mampu
menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk
skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan
tinggi.
5.
Mampu
mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang
keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
6.
Mampu
memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega,
sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
7.
Mampu
bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi
serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja
yang berada di bawah tanggungjawabnya.
8.
Mampu
melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah
tanggungjawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
9.
Mampu
mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk
menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
1.
Mahasiswa memahami fenomena-fenomena Internasional.
2.
Mahasiswa memahami konflik dan consensus dalam hubungan/politik
internasional.
3.
Mahasiswa memahami globalisasi-ekonomi
4.
Mahasiswa mampu berkomunikasi antar negara-bangsa secara logis, etis,
dan estetis.
Mahasiswa memahami dan
mampu menjelaskan tentang :
1.
Pengertian
dan Ruang Lingkup Komunikasi Internasional.
2.
Sistem
dan konsep Komunikasi Internasional.
3.
Konsep
Informasi dan Berita dalam Komunikasi Internasional.
4.
Kesenjangan
Informasi Internasional.
5.
Dominasi
Barat atas konten media
6.
Diplomasi
Internasional
7.
Propaganda
Internasional.
8. Politik luar negeri
9. Multy National Company.
10. Media Massa dan
Globalisasi.
11. .
12.
|
||||||||||||
Diskripsi
Singkat MK
|
Mata kuliah
Komunikasi Internasional adalah mata kuliah yang mempelajari
fenomena, interaksi dan komunikasi antar-lintas batas negara, bangsa, dan
budaya secara umum, dan secara khusus mengkaji hubungan politik, ekonomi
antar negara dengan tekanan pada persfektif diplomasi, jurnalistik dan
propaganda..
|
|||||||||||
Referensi
|
Utama :
Ingrid Valkmer, 2005, International Communication;
Theory in Transition, Penguin, NewYork
|
|||||||||||
Utama,
Deddy Djamaluddin Malik, 2010, Komunikasi International, Remaja Rosda
Karya, Bandung,
|
||||||||||||
Utama,
M. Shoelhi, 2016, Komunikasi Internasional, Erlangga, Jakarta,
|
||||||||||||
Utama,
J. Stiglitz, 2008, Making
Globalization Work, Mizan, Jakarta
|
||||||||||||
Media
Pembelajaran
|
Software
|
Hardware
|
||||||||||
|
PPT, Word, video, pdf, email, blog
|
Laptop, infokus, Koran, majalah, web/daring,
whiteboard dan spidol
|
||||||||||
Team Teaching
|
-
|
|||||||||||
|
|
|||||||||||
Mg Ke-
|
CP Mata Kuliah
(sesuai tahapan belajar)
|
Materi Pembelajaran
(Pustaka)
|
Metode/Strategi
Pembelajaran
(estimasi waktu)
|
Assesmen
|
Bobot
|
|||||||
|
|
|
|
Indikator
|
Bentuk
|
%
|
||||||
1
|
Mahasiswa memahami makna dan ruang lingkup komunikasi
internasional
|
Pengertian dan ruang lingkup Komunikasi
Internasional:
·
Perbedaan dan persamaan Ilmu Hubungan Internasional
dan Komunikasi Internasional
·
Makna Komunikasi Internasional
·
Ruang lingkup Komunikasi Internasional
·
Sapta Pesona Pariwisata
|
1. Ceramah
2. Tanya
jawab
3. Diskusi
|
Partisipasi
Mahasiswa: memahami dengan terlibat bertanya dan menjawab
|
Pertanyaan lisan dan Diskusi
|
5-10%
|
||||||
2
|
Mahasiswa memahami sistem dan
konsep Komunikasi Internasional
|
Sistem dan konsep Komunikasi Internasional
·
Pendekatan, Persfektif, dan Paradigma dalam Komunikasi
Internasonal.
·
Sistem Hubungan/komunikasi Internasional.
·
Konsep/teori Komunikasi Internasional
|
1. Ceramah
2. Tanya jawab
3. Diskusi
|
1.Mahasiswa
dapat mengetahui ruang lingkup sektor pariwisata,
2.Mengetahui
ketentuan serta dasar hukum pelaksanaan pariwisata, serta
3.Mampu
menggali potensi-potensi yang dimiliki pada konteks pariwisata.aspek teoritis
|
Tayangan
Presentasi,
|
|
||||||
3
|
Mahasiswa
memahami konsep Informasi dan Berita dalam Komunikasi Internasional
|
Konsep Informasi dan berita dalam KomunikasiInternasional.
1.
Informasi Internasional
2.
Berita Internasional
|
1.
Ceramah
2.
Tanya
jawab
3.
Diskusi
|
I d e m
|
Tayangan
Presentasi,
|
|
||||||
4
|
Mahasiswa memahami kesenjangan Informasi
Internasional
|
Kesenjangan Informasi Internasional;
1. Tata Informasi
Internasional.
2. Kesenjangan
Informasi Internasional.
3.
|
1. Ceramah
2. Tanya
jawab
3. Diskusi
|
I d e m
|
Tayangan
Presentasi,
|
|
||||||
5
|
Mahasiswa memahami dominasi Negara-negara Barat
terhadap konten Media
|
Dominasi Barat atas isi Media:
1.
Relasi Barat dan Timur
2.
Relasi Utara dan Selatan
3.
Dominasi Barat.
|
1. Ceramah
2. Tanya jawab
3. Diskusi
|
I d e m
|
Tayangan
Presentasi,
|
|
||||||
UJIAN TENGAH SEMESTER
|
||||||||||||
6.
|
Mahasiswa
memahami DiplomasiInternasional.
|
Diplomasi Internasional
·
Arti, sejarah, dan perkembangan diplomasi
Internasional
·
Prasyarat/kekuatan Diplomasi
·
Model-rancang bangun diplomasi Internasional
|
1.
Ceramah,
2.
Tanya jawab
3.
Diskusi
|
I d e m
|
Tayangan
Presentasi,
|
|
||||||
7
|
Mahasiswa memahami propaganda internasional
|
Propaganda Internasional:
·
Makna Propaganda
·
Sejarah da perkembangan Propaganda.
·
Propaganda saat ini.
|
1.
Ceramah,
2.
Tanya jawab
3.
Diskusi
,
|
I d e m
|
Tayangan
Presentasi,
|
|
||||||
10,11
|
Mahasiswa memahami
MNCs/TNCs.
|
Multi National Company/Trans National Company
:
·
Sejarah perdagangan dunia.
·
Keunggulan Liberalisme
·
Tampilnya perusahaan lintas negara
·
Ideologi pasar bebas.
·
Neoliberalisme media.
|
1.
Ceramah
2.
Tanya
jawab
3.
Diskusi
4.
|
I d e m
|
Tayangan
Presentasi,
|
|
||||||
12,13
|
Mahasiswa memahami posisi media massa dalam
Globalisasi
|
Media massa dan
Globalisasi
·
Arti, sejarah dan latar belakang tampilnya
globalisasi
·
Karakteristik Globalisasi
·
Posisi Media Massa dalam Globalisasi
|
1.
Ceramah,
2.
Tanya
jawab
3.
Diskusi
|
I d e m
|
Tayangan
Presentasi,
|
|
||||||
14
|
Mahasiswa mampu berdialektika
|
Study kasus:
·
Disesuaikan dengan issu issu
terakhir.
·
·
|
Diskusi-panel
,
|
1. Mahasiswa
mampu berdebat secara rasional m
|
Tayangan
Presentasi,
|
|
||||||
15
|
Mahasiswa memahamai intisari/abstrak
kulaih selama 1 semester.
|
Rangkuman
·
Tantangan Pariwisata di
Indonesia
·
Masukan Bagi Pariwisata di
Indonesia
·
Komparasi Pariwisata di
Indonesia dan Pariwisata di Asia Tenggara
|
1.
Ceramah,
Tanya jawab,
Tugas
2.
Problem
Based Learning/FBD
3.
Diskusi kelompok, simulasi, studi kasus,
kolaboratif, kooperatif,
|
1. Mahasiswa mengetahui tantangan dan kendala
pariwisata di Indonesia.
2. Mampu menganlisis keberhasilan strategi pariwisata
di Indonesia
|
Tayangan
Presentasi,
|
|
||||||
UJIAN AKHIR SEMESTER
|
||||||||||||
Kamis, 12 Maret 2020
RPS MK KOMUNIKASI INTERNASIONAL
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar