MATA KULIAH |
KODE MK |
RUMPUN MK |
BOBOT (sks) |
SEMESTER |
Direvisi |
|||||||
PANCASILA |
|
Ilmu Sosial |
T= 3 SKS |
P= 1 |
IV |
Februari 2017 |
||||||
Pengembang : Reinhard Hutapea |
Koordinator MK : Reinhard Hutapea
|
Kepala Program Studi : Elok Perwirawati,S.Sos, M. I.Kom |
||||||||||
Tanda Tangan |
Tanda Tangan |
Tanda Tangan
|
||||||||||
Capaian Pembelajaran (CP) :
Sikap
Keterampilan Umum
Keterampilan Khusus
Pengetahuan
|
Program Studi : Ilmu Pemerintahan dan Ilmu Komunikasi
|
|||||||||||
1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius. 2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika. 3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila. 4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa. 5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain. 6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan. 7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. 8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik. 9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri. 10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya. 2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. 3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni. 4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi. 5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data. 6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya. 7. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya. 8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri. 9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
1. Mahasiswa memahami dan dapat mengimplementasikan hak dan kewajibannya sebagai warga negara 2. Mahasiswa memahami dan dapat mengimplmentasikan ideologi, dasar negara, konstitusi dalam kehidupannya 3. Mahasiswa memahami dan dapat mengimplementasikan Wawasan nusantara dan ketahanan nasional. 4. Mahasiswa memahami geopolitik, sistim pemerintahan, dangeo strategi
Mahasiswa memahami dan mampu menjelaskan tentang : 1. Argumentasi mengapa dilakukan Pendidikan Pancasila. 2. Sejarah peradaban dan persatuan bangsa. 3. Pancasila sebagai system filsafat 4. Pancasila sebagai ideologi bangsa 5. Pancasila sebagai dasar negara 6. Pancasila sebagai etika politik. 7. Implemetasi Sila Pertama Pancasila dalam aspek kehidupan bangsa. 8. Ibid Sila ke dua Pancasila 9. Ibid Sila ketiga Pancasila 10. Ibid sila ke empat Pancasila 11. Ibid sila ke lima Pancasila. 12. |
||||||||||||
Diskripsi Singkat MK |
Mata kuliah Pancasila adalah mata kuliah yang membahas tentang sejarah lahirnya, perumusannya, kedudukannya sebagai; system filsafat, ideologi bangsa, dasar negara, etika politik, dan implemetasi pelaksanaannya, yakni implementasi masing masing silanya dalam kehidupan berbangsa, bernegara, dan bermasyarakat |
|||||||||||
Referensi |
Utama : |
|||||||||||
Pendidikan Pancasila, , Dirjen Dikti, Kemendikbud, Jakarta |
||||||||||||
CST Kansil, 2000, Pendidikan Pancasila di perguruan tinggi, PT Pradnya Paramitra, Jakarta Soekarno, 1956, Pidato Lahirnya Pancasila., Jakarta Yudi Latif, 2016, Negara paripurna; Historisitas, Aktualitas, dan Implementasi Pancasila, Gramedia, Jakarta |
||||||||||||
Reinhard Hutapea, 1998, Soekarno, Nasionalisme, dan Globalisasi, PKNWK Untag, Jakarta Ruslan Abdulgani, Indonesia Menatap Masa depan, Pustaka Merdeka, Jakarta |
||||||||||||
Media Pembelajaran |
Software |
Hardware |
||||||||||
|
Blog, PPT, Word, video, pdf, email |
Laptop, infokus, Koran, majalah, web/daring, whiteboard dan spidol |
||||||||||
Team Teaching |
- |
|||||||||||
|
|
|||||||||||
Mg Ke- |
CP Mata Kuliah (sesuai tahapan belajar) |
Materi Pembelajaran (Pustaka) |
Metode/Strategi Pembelajaran (estimasi waktu) |
Penilaian |
Bobot |
|||||||
|
|
|
|
Indikator |
Bentuk |
% |
||||||
1
|
Mahasiswa memahami argumentasi mengapa Pancasila dikuliahkan di perguruan tinggi |
Pengantar Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi: · Arti Pendidikan Pancasila · Tujuan Pendidikan Pancasila · Dasar-dasar Pendidikan Pancasila (filosofis, sosiologis, juridis) |
1. Ceramah 2. Tanya jawab 3. Diskusi.
|
Tampilnya rasa ingin tahu, minat dan pemahaman/penghayatan |
Pertanyaan lisan dan Diskusi
|
5-10% |
||||||
2 |
Mahasiswa memahami dan menghayati sejarah peradaban dan persatuan bangsa |
Sejarah Peradaban dan Persatuan Bangsa · Asal usul nenek moyang bangsa Indonesia · Bukti-bukti peradaban Bangsa Pancasila · Sejarah kesatuan dan Persatuan Bangsa |
1. Ceramah 2. Tanya jawab 3. Diskusi |
Idem |
Tayangan Presentasi, |
|
||||||
3 |
Mahasiswa memahami dan menghayati sejarah perjuangan dan kemerdekaan bangsa. |
Sejarah Perjuangan dan Kemerdekaan Bangsa 1. Perjuangan bangsa Indonesia melawan system penjajahan 2. Proklamasi kemerdekaan NKRI,17 Agustus 1945 3. Perjuangan mempertahankan dan mengisi kemerdekaan. |
1. Ceramah 2. Tanya jawab 3. Diskusi
|
Idem |
Tayangan Presentasi,
|
|
||||||
4 |
Mahasiswa memahami Pancasila sebagai sistem filsafat |
Pancasila sebagai system filsafat. 1. Pengertian filsafat 2. Pancasila sebagai filsfat 3. Cara berpikir filsafat. 4. Pandangan integralistik dalam filsafat Pancasila.
|
1. Ceramah 2. Tanya jawab 3. Diskusi
|
idem |
Tayangan Presentasi,
|
|
||||||
5 |
Mahasiswa memahami dan menghayati Pancasila sebagai ideologi bangsa. |
Pancasila sebagai Ideologi Bangsa 1. Pengertian Ideologi 2. Makna ideologi bagi negara 3. Pancasila sebagai ideologi negara 4. Pancasila sebagai ideologi terbuka.
|
1. Ceramah 2. Tanya jawab 3. Diskusi |
Idem |
Tayangan Presentasi,
|
|
||||||
UJIAN TENGAH SEMESTER |
||||||||||||
6. |
Mahasiswa memahami dan menghayati Pancasila sebagai Dasar Negara. |
Pancasila sebagai dasar negara · Hubungan Pancasila dengan pembukaan UUD 1945 · Penjabaran Pancasila dalam UUD 1945 · Implementasi Pancasila dalam Kebijakan Negara
|
1. Ceramah 2. Tanya jawab 3. Diskusi,
|
Idem |
Tayangan Presentasi,
|
|
||||||
7 |
Mahasiswa mampu memahami dan menghayati Pancasila sebagai etika politik |
Pancasila sebagai etika politik · Arti, sejarah, dan jenis HAM · HAM dan Pancasila dan UUD 1945 · |
1. Ceramah 2. Tanya jawab 3. Diskusi 4.
|
Idem |
Tayangan Presentasi, |
|
||||||
8 |
Mahasiswa mampu mengetahui, menghayati, dan mengamalkan sila pertama Pancasilaa. |
Implementasi sila Pertama Pancasila dalam aspek kehidupan bangsa: · Beriman dan bertaqwa, yaitu secara sadar patuh melaksanakan perintah Tuhan. Setiap ummat harus mempelajari agama dan mengamalkannya · Walaupun berbeda agama, rakyat Indonesia harus dapat bekerjasama dalam bidang sosial, perekonomian, dan keamanan lingkungan · Setiap pemeluk agama tidak boleh menghalangi ibadah agama lain. · Mengembangkan toleransi agama sejak dini. · Tidak menyebarkan agama kepada manusia yang sudah berTuhan
|
1. Ceramah
2. Tanya jawab
3. Diskusi
|
Idem
|
Tayangan Presentasi, |
|
||||||
9 |
Mahasiswa memahami, menghayati, dan mengamalkan sila kedua Pancasila |
Implementai Sila Kedua Pancasila dalam aspek kehidupan bangsa: · Sesama manusia tidak boleh melecehkan · Sesame manusia punya rasa memiliki (mau berkorban) · Menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban · Tidak semena-mena terhadap orang lain · Mengakui adanya masyarakat majemuk, melakukan musyawarah dan kompromi, mempertimbangkan moral, berbuat jujur, tidak curang · Gemar kegiatan kemanusiaan, donor darah, menyantuni anak yatim
|
1. Ceramah 2. Tanya jawab 3. Diskusi 4.
|
Idem |
Tayangan Presentasi, |
|
||||||
10 |
Idem sila ketiga |
Implementasi sila ketiga Pancasila dalam aspek kehidupan bangsa: · Menempatkan kepentingan negara di atas kepentingan pribadi dan golongan. · Berkorban demi negara; bekerjakeras, taat membayar pajak, tidak KKN · Cinta tanah air; meningkatkan prestasi di segala bidang · Bangga sebagai bangsa Indonesia; percaya diri sebagai orang Indonesia |
1. Ceramah 2. Tanya jawab 3. Diskusi
|
Idem
|
Tayangan Presentasi, |
|
||||||
11 |
Mahasiswa memahami, menghayati, dan mengamalkan implementasi Sila Keempat |
Implementasi Sila Keeempat Pancasila dalam aspek kehidupan bangsa · Aktif dalam musyawarah, memberikan hak suara, dan mengawasi wakil rakyat. · Tidak memaksakan kehendak kepada orang lain · Mengutamakan musyawarah dengan menggunakan akal sehat · Menerima hsil musyawarah apapaun hasilnya dan melaksanakan dengan tanggung jawab · Mempunyai itikad baik dalam melakukan sesuatu. |
1. Ceramah 2. Tanya jawab 3. Diskusi 4. ,
|
Idem 1. |
Tayangan Presentasi, |
|
||||||
12 |
Mahasiswa memahami, menghayati, dan mengamalkan sila ke lima |
Implementasi Sila Kelima Pancasila dalam aspek kehidupan bangsa · Mengembangkan perbuatan luhur; saling membantu, dan gotong royong · Berbuat adil, tidak pilih kasih · Menghormati orang lain, tidak menghalangi orang lain hidup lebih baik. · Suka memberi pertolongan, tidak egois dan individualistis. · Bekerja keras; tidak pasrah kepada takdir Tuhan · Menghargai karya orang lain, tidak membajak dan membeli produk bajakan · Tidak merusak prasarana umum dan menjaga kebersihan di tempat umum |
5. |
|
|
|
||||||
UJIAN AKHIR SEMESTER |
||||||||||||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar