Kamis, 22 Oktober 2020

RPS MATA KULIAH SISTEM PEMERINTAHAN INDONESIA

 


 

MATA KULIAH

KODE MK

RUMPUN MK

BOBOT (sks)

SEMESTER

Direvisi

SISTIM PEMERINTAHAN INDONESIA

 

 

Ilmu Sosial

T= 3 SKS

P= 1

IV

Februari 2017

Pengembang :

Reinhard Hutapea

Koordinator MK :

Reinhard Hutapea

 

Kepala Program Studi :

Madin Silalahi  MA

Tanda Tangan

Tanda Tangan

                               Tanda Tangan

 

Capaian Pembelajaran (CP) :

 

 

Sikap

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Keterampilan Umum

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Keterampilan Khusus

 

 

 

 

 

Pengetahuan

 

 

 

 

Program Studi : Ilmu Pemerintahan

 

1.       Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.

2.       Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.

3.       Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.

4.       Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air,  memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa.

5.       Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.

6.       Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.

7.       Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

8.       Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.

9.       Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.

10.   Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

 

1.       Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.

2.       Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.

3.       Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.

4.       Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.

5.       Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.

6.       Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya.

7.       Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.

8.       Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

 

1.       Mahasiswa memahami teori dan praktek sistim pemerintahan Indonesia

2.       Mahasiswa memahami bentuk negara dan pemerintahan

3.       Mahasiswa memahami azas-azas penyelenggaraan pemerintahan.

4.       Mahasiswa memahami perbandingan pemerintahan

5.       Mahasiswa memahami Lembaga-lembaga negara

 

 

Mahasiswa memahami dan mampu menjelaskan tentang :

1.      Arti, teori, dan system pemerintahan.

2.      Sejarah ketatanegaraan Indonesia

3.      Bentuk negara dan pemerintahan

4.      Azas-azas penyelenggaraan pemerintahan

5.      Perbandingan pemerintahan

6.      Hukum dasar negara

7.      UU pelaksanaan pemerintahan

8.      Lembaga-lembaga negara

9.      Birokrasi pemerintah

10.  Pemerintahan Daerah.

11.    

Diskripsi Singkat MK

Mata kuliah Sistim Pemerintahan Indonesia adalah mata kuliah yang membahas Sistim Pemerintahan Indonesia dengan menekankan pemahaman tentang ruang lingkup pendekatan teoritis, latar belakang kebijakan dan praktek pemerintahan daerah yang berlaku dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Sistem  Pemerintahan Indonesia pada dasarnya terdiri dari dua system besar yang saling terkait, yakni system pemerintahan nasional dan system pemerintahan daerah. Dua system ini memiliki landasan teori dan prakteknya masing-masing, baik yang menyangkut ruang lingkup, sejarah kelembagaan, dan proses. Untuk memahami sebuah system diperlukan pula suatu perbandingan sehingga membedakannya dengan system pemerintahan dalam beragam bentuk negara ang berbeda.

Referensi

Utama :

Prof Dr Ryaas Rasjid, Sistem Pemerintahan Indonesia,IIP, Jakarta

Dr Innu Kencana MA, Sistem Pemerintahan Indonesia, IPDN, Bandung

Prof Dr Ramlan Surbakti, 1999, Memahami Ilmu Politik, Gramedia, Jakarta

Dr I Nyoman Sumaryadi, Drs MSi, 2005, Efektivitas Implementasi Kebijakan Otonomi Daerah, Citra Utama, Jakarta

Dr Oentarto SM, Dr I Made Suwandi MSoc Sc, 2004, Format Otonomi Daerah Masa Depan, Sanutra Media Utama, Jakarta

SP Varma, 1992, Teori Politik Modern, Rajawali Press, Jakarta

David Mathews, 2018, Ekologi Demokrasi, Para Syndicate, Jakarta

 

Soekarno, 1956, Pidato Lahirnya Pancasila., Jakarta

Yudi Latif, 2016, Negara Paripurna; Historisitas, Aktualitas, dan Implementasi Pancasila, Gramedia, Jakarta

Reinhard Hutapea, 1998, Soekarno, Nasionalisme, dan Globalisasi, PKNWK Untag, Jakarta

 

Media Pembelajaran

Software

Hardware

 

Blog, PPT, Word, video, pdf, email

Laptop, infokus, Koran, majalah, web/daring, whiteboard dan spidol

Team Teaching

-

 

 

Mg Ke-

CP Mata Kuliah

(sesuai tahapan belajar)

Materi Pembelajaran

(Pustaka)

Metode/Strategi Pembelajaran

(estimasi waktu)

Penilaian

Bobot

 

 

 

 

Indikator

Bentuk

%

1

 

Mahasiswa memahami gambaran umum pemerintahan

Gambaran umum pemerintahan.

·         Definisi pemerintahan: masyarakat dan pemerintahan

·         Fungsi pemerintahan

 

1.       Ceramah

2.       Tanya jawab

3.       Diskusi.

 

Tampilnya rasa ingin tahu, minat dan pemahaman/penghayatan

Pertanyaan lisan dan Diskusi

 

5-10%

2

Mahasiswa  memahami konteks dasar sistim pemerintahan

Konteks dasar sistim pemerintahan

·         Arti sistim pemerintahan

·         Dasar teori Sistim Pemerintahan Indonesia ; teori pemisahan kekuasaan, teori demokrasi, teori negara berdasarkan atas hukum, teori negara berkonstitusi

·          

 

1.       Ceramah

2.       Tanya jawab

3.       Diskusi

Idem

Tayangan Presentasi,

 

3

Mahasiswa memahami sejarah ketatanegaraan Indonesia.

Sejarah Ketatanegaraan Indonesia

1.       Sistim pra kemerdekaan

2.       Sistim pasca kemerdekaan

3.       Sistim era reformasi

4.       .

1.       Ceramah

2.       Tanya jawab

3.       Diskusi

 

 

Idem  

Tayangan Presentasi,

 

 

4

Mahasiswa  memahami bentuk negara dan pemerintahan

Bentuk negara dan pemerintahan

1.       Bentuk negara

2.       System pemerintahan

3.       Konstruksi ketatanegaraan

1.       Ceramah

2.       Tanya jawab

3.       Diskusi

 

idem

Tayangan Presentasi,

 

 

5

Mahasiswa memahami azas-azas penyelenggaraan pemerintahan.

Azas-azas penyelenggaraan pemerintahan

1.       Sentralisasi

2.       Desentralisasi

3.       Dekonsentrasi

4.       Tugas pembantuan

 

 

1.       Ceramah

2.       Tanya jawab

3.       Diskusi

Idem

Tayangan Presentasi,

 

 

UJIAN TENGAH SEMESTER

6.

Mahasiswa memahami perbandingan pemerintahan

Perbandingan pemerintahan

·         Konteks negara federal

·         Konteks negara kesatuan

 

 

1.       Ceramah

2.       Tanya jawab

3.       Diskusi,

 

Idem

Tayangan Presentasi,

 

 

7

Mahasiswa mampu memahami dinamika perubahan hukum dasar negara

Dinamika dalam pergantian/perubahan hukum dasar negara

·         Masa pemberlakuan UUD RI 1945

·         Masa pemberlakuan Konstitusi RIS 1949

·         Masa pemberlakuan UUDS 1950

·         Masa pemberlakuan UUD RI 1945 – dekrit presiden 5 juli 1959

·         Masa pemberlakuan UUD Amandemen

 

1.          Ceramah

2.          Tanya jawab

3.          Diskusi

4.        

 

Idem

Tayangan Presentasi,

 

8

Mahasiswa mampu mengetahui, menghayati, dan mengamalkan sila pertama Pancasilaa.

Landasan hukum pelaksanaan pemerintahan daerah

·         Pemberlakuan UU No 1 Tahun 1945

·         Pemberlakuan UU No 22 tahun 1948

·         Pemberlakuan UU NIT No 44 tahun 1950

·         Pemberlakuan UU No 1 tahun 1957

·         Pemberlakuan UU No 6 tahun 1959

·         Pemberlakuan No 18 Tahun 1965

·         Pemberlakuan UU No 5 Tahun 1974

·         Pemberlakuan UU No 22 Tahun 1999

·         Pemberlakuan UU No 12 Tahun 2004

·         Pemberlakuan UU No ….

1.       Ceramah

 

2.       Tanya jawab

 

3.       Diskusi

 

 

 

 

Idem

 

Tayangan Presentasi,

 

9

Mahasiswa memahami, Lembaga-lembaga negara

Iembaga Lembaga Negara:

·         Legislative

·         Eksekutif

·         Judicative

·         inspektif

 

1.       Ceramah

2.       Tanya jawab

3.       Diskusi

4.        

 

Idem

Tayangan Presentasi,

 

10

Mahasiswa memahami Lembaga-lembaga independen

Iembaga Lembaga independent

·         KPU

·         Komnas HAM

·         TNI – Kepolisian

·         Bank Indonesia

 

1.       Ceramah

2.       Tanya jawab

3.       Diskusi

 

 

Idem

 

Tayangan Presentasi,

 

11

Mahasiswa memahami birokrasi pemerintah

Birokrasi pemerintah

·         Kementerian negara

·         LPND

·         Organisasi ekstra struktural

 

1.       Ceramah

2.       Tanya jawab

3.       Diskusi

4.       ,

 

Idem

1.   

Tayangan Presentasi,

 

12

Mahasiswa memahami sistim penyelenggaraan daerah,

Sistim penyelenggaraan daerah

·         Ruang lingkup Pemda

·         Tugas dan peran Pemda

 

5.        

 

 

 

UJIAN AKHIR SEMESTER














 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar